Passing Grade UNIBRAW : dataptn.com

 

Halo pembaca yang budiman,

Selamat datang di artikel jurnal ini yang akan membahas tentang Passing Grade UNIBRAW. Universitas Brawijaya atau yang lebih dikenal dengan UNIBRAW merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membahas dan memberikan informasi terkini tentang berbagai faktor yang mempengaruhi passing grade di UNIBRAW.

I. Apa itu Passing Grade?

Sebelum kita memulai pembahasan, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan passing grade. Passing grade merupakan jumlah nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa dalam ujian masuk universitas untuk diterima di jurusan yang diinginkan. Setiap jurusan di UNIBRAW memiliki passing grade yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesulitan dan daya saing jurusan tersebut.

1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Passing Grade di UNIBRAW

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi passing grade di UNIBRAW, antara lain:

a. Popularitas Jurusan

Popularitas jurusan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan passing grade. Jurusan yang memiliki popularitas tinggi, cenderung memiliki passing grade yang lebih tinggi pula. Hal ini disebabkan oleh jumlah peminat yang lebih banyak dibandingkan dengan daya tampung yang terbatas.

b. Kualitas Pendidikan

Kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh jurusan juga turut mempengaruhi passing grade. Jurusan dengan reputasi baik dan pengajar berkualitas cenderung memiliki passing grade yang lebih tinggi karena banyaknya calon mahasiswa yang berminat bergabung dengan jurusan tersebut.

c. Tingkat Persaingan

Tingkat persaingan antar calon mahasiswa juga merupakan faktor penting dalam menentukan passing grade. Jurusan dengan tingkat persaingan yang tinggi, seperti kedokteran dan teknik, memiliki passing grade yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya.

d. Jumlah Daya Tampung

TRENDING 🔥  How to find the address of the Casio  Service Center in Indonesia : ALAMATPRO

Jumlah daya tampung yang tersedia di setiap jurusan juga berpengaruh pada passing grade. Jurusan dengan daya tampung yang terbatas, seperti kedokteran, biasanya memiliki passing grade yang sangat tinggi.

e. Prestasi Akademik

Prestasi akademik calon mahasiswa, seperti nilai rata-rata rapor dan hasil ujian nasional, juga menjadi pertimbangan dalam penentuan passing grade. Calon mahasiswa dengan prestasi akademik yang baik memiliki peluang lebih besar untuk diterima di jurusan dengan passing grade yang tinggi.

2. Tabel Passing Grade Jurusan di UNIBRAW

Berikut adalah tabel passing grade beberapa jurusan di UNIBRAW:

Jurusan Passing Grade
Teknik Informatika 372
Ekonomi 350
Farmasi 369
Hukum 361
Kedokteran 390

Perlu diingat bahwa passing grade dapat berubah setiap tahunnya, tergantung dari penerimaan mahasiswa baru dan tingkat kesulitan ujian masuk.

II. Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait passing grade di UNIBRAW:

1. Apakah passing grade setiap jurusan di UNIBRAW sama?

Tidak, passing grade setiap jurusan di UNIBRAW berbeda-beda. Setiap jurusan memiliki tingkat kesulitan dan daya saing yang berbeda, sehingga passing grade juga berbeda untuk setiap jurusan.

2. Bagaimana cara menghitung passing grade?

Passing grade dihitung berdasarkan nilai rata-rata ujian masuk calon mahasiswa yang diterima di jurusan tersebut. Nilai rata-rata tersebut menjadi patokan untuk menentukan passing grade.

3. Apakah passing grade di UNIBRAW cenderung naik setiap tahunnya?

Tidak bisa dipastikan. Passing grade bisa naik, turun, atau tetap stabil setiap tahunnya, tergantung dari persaingan calon mahasiswa dan kebijakan universitas dalam menentukan passing grade.

4. Apakah ada jalur seleksi khusus untuk masuk di UNIBRAW?

Ya, UNIBRAW juga menyediakan jalur seleksi khusus melalui prestasi akademik, prestasi non-akademik, dan jalur kerjasama dengan sekolah-sekolah tertentu.

TRENDING 🔥  Call Center Tokopedia Layanan 24 Jam Gratis: GTEKNO

5. Apakah passing grade di UNIBRAW merupakan satu-satunya faktor penentu diterima atau tidaknya calon mahasiswa?

Tidak, passing grade hanyalah salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya calon mahasiswa di UNIBRAW. Selain passing grade, terdapat juga faktor lain seperti prestasi akademik dan non-akademik yang menjadi pertimbangan dalam penerimaan mahasiswa baru.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai passing grade di UNIBRAW. Semoga artikel jurnal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih lengkap dan memperkaya pengetahuan Anda. Terima kasih telah membaca.

Sumber :